PROFIL

Menyadari akan tugas dan kewajiban alumni dalam masyarakat, maka dengan bekal pendidikan dan ilmu pengetahuan yang diperoleh, alumni Universitas Sebelas Maret merasa bertanggungjawab untuk ikut mewujudkan cita-cita bangsa dan negara yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Memperhatikan fungsi dan peran sentral dari Pendidikan nasional dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya, Alumni bertekad untuk menjadi manusia cendekia yang berbudaya, berkepribadian Indonesia dan bermoral Pancasila.

Menginsafi akan kedudukan dan fungsinya serta kemanunggalannya terhadap almamater dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi serta adanya dorongan bathin untuk menjalin sambung rasa antara alumni dengan almamater, alumni dengan alumnus, alumni denan masyarakat dan alumni dengan pemerintah.

Kemudian dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, serta didorong oleh semangat musyawarah kekeluargaan, alumni Universitas Sebelas Maret bersepakat untuk membentuk suatu organisasi yang berpegang pada Anggaran Dasar.

Organisasi Alumni UNS yang pada saat didirikan pada tanggal 01 Maret 1986 bernama Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret disingkat KASEMAR, dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) III KASEMAR namanya diubah menjadi Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret, disingkat IKA-UNS. Perubahan nama tersebut terutama dilatar-belakangi pertimbangan bahwa singkatan suatu nama organisasi Alumni UNS sangat bermanfaat jika mencantumkan identitas Almamater.

Atas dasar pertimbangan tersebut, dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, MUNAS III KASEMAR menetapkan nama Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret, disingkat IKA-UNS.

Sedangkan KAF (Keluarga Alumni Fakultas) merupakan keluarga besar alumni fakultas di bawah bendera IKA UNS. Salah satu KAF tersebut adalah Keluarga Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Leave a Reply